Berbasis Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pertanian

0

EkspresNews.com – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Pertanian (Distan) gelar Sosialisasi Teknis Budidaya Padi Inpago dan Jagung Hibrida di Lahan Sawah Kering, Sabtu (12/8). Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Auditorium itu dibuka langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan dihadiri oleh para camat, wali nagari, Kepala BP3K dan anggota kelompok tani se Kabupaten Dharmasraya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, salah satu agenda pembangunan Kabupaten Dharmasraya saat ini adalah membangun ekonomi yang tangguh dan kesejahteraan masyarakat melalui pembagunan pertanian berbasis kawasan dan komoditi unggulan.




Maka dari itu, sambungnya, untuk meningkatkan produktivitas dan indeks pertanian, pertanian Dharmasraya telah didukung dengan sarana dan prasarana pertanian (alat dan mesin pertanian atau alsintan). “Pada tahun 2017 sekarang ini daerah kita mendapatkan alokasi alsintan sebanyak 357 unit, ini naik 300 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kita harap ini betul-betul dapat memacu peningkatan produktivitas dan indeks pertanian di daerah kita,” harap bupati.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman, menjelaskan, di kalangan masyarakat padi inpago lebih dikenal dengan sebutan padi ladang. Menurutnya, seiring perkembangan, padi jenis ini mampu panen dalam waktu yang lebih singkat. “Dulu, padi ini masa tanamnya mencapai enam bulan. Tapi sekarang hanya membutuhkan waktu 115 hari, sudah siap panen,” pungkasnya. (hms/Age)




Comments

comments

About author

redaksi

Redaktur adalah orang yang betanggung jawab penuh terhadap berita yang disuguhkan kepada pembaca. Redaktur umumnya berasal dari reporter lapangan yang dalam kariernya kemudian naik menjadi redaktur muda, madya dan kemudian redaktur kepala atau redaktur bidang, yakni yang membawahi bidang tertentu.