Kelas Inspirasi Padang #4 Sukses; Membangun Mimpi Anak Indonesia

Editors choice
0

Gerakan Kelas Inspirasi Padang yang ke empat, serentak mengadakan Hari Inspirasi di sembilan Sekolah Dasar Negeri yang tersebar di sepuluh kecamatan se-Kota Padang pada 5 September 2016.

EkspresNews.com – Gerakan yang merupakan bagian dari Komunitas Indonesia Mengajar ini sudah keempat kali mengadakan kegiatan Hari Inspirasi di Kota Padang. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang menghadirkan berbagai macam profesi ke dalam kelas untuk memperluas pengetahuan cita-cita anak Indonesia.

Komunitas Kelas Inspirasi menjelaskan, setelah kegiatan briefing pada 28 Agustus 2016 lalu di Sekolah Alam Minangkabau Ulak Karang, para relawan pengajar dari berbagai macam profesi bersama relawan pendamping dan relawan dokumenter melaksanakan Hari Inspirasi di sekolah dasar masing-masing yang telah ditetapkan oleh Pegiat Kelas Inspirasi Padang.

Untuk tahun ini, Kelas Inspirasi akan diadakan di SDN 31 Pasar Ambacang, SDN 23 Pasir Sebelah, SDN 09 Berok, SDN 38 Seberang Padang, SDN 05 Jaruai, SDN 10 Lubuk Begalung, SDN 21 Bandar Buat, SDN 17 Gunung Pangilun, SDN 32 Andalas.

Bentuk kegiatan ini adalah para profesional (Polisi, Dokter, Dosen, Pegawai, Apoteker, dan lainnya) mengambil cuti satu hari, untuk masuk ke kelas sekolah dasar dan memberikan ilmu dan pengetahuan tentang profesinya masing-masing kepada para siswa. “Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia bahkan dunia,” tulis Kelas Inspirasi.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa untuk mengenal lebih banyak lagi proesi yang ada di Indonesia, seperti yang disampaikan oleh Billy Harnaldo Putra, M.Si yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Bukittinggi. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak sekolah dasar dan kegiatan seperti ini sebaiknya dilanjutkan dan dikembangkan dari segi relawan pengajar, persiapan kegiatan dan sekolah yang akan dituju,” ujarnya.

Walaupun hujan turun hampir di seluruh wilayah Kota Padang pada hari kegiatan, namun tidak menyurutkan para relawan untuk melaksanakan kegiatan yang diakhiri dengan penulisan cita-cita dan diaplikasikan pada media yang telah disiapkan oleh masing-masing relawan di sekolah.

Pihak sekolah menyambut baik kegiatan ini, karena berdamapk positif bagi siswa-siswinya. “Kami dari pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan Kelas Inspirasi ini, kalau bisa satu kali per bulan kita adakan kegiatan ini,” kata Krisnaini Burhan, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 10 Lubuk Begalung.

Kegiatan Kelas Inspirasi Padang ini diakhiri dengan kegiatan refleksi yang diadakan dihari yang sama di aula Pustaka Daerah Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Koordinator Umum Kelas Inspirasi Padang, Rica Julia F, SE mengucapkan terimakasih kepada seluruh relawan. “Saya mewakili seluruh Pegiat Kelas Inspirasi Padang mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh relawan yang mendukung  pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat berjalan lancar,” ujarnya.

(Jul)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.