Wapres Gantikan Presiden Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Siak

0

EkspresNews.com – Memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Siak, Riau pada 22 Juli 2016 mendatang, Presiden Jokowi berhalangan hadir. Untuk itu, Wapres Jusuf Kalla yang menggantikannya. Namun, tidak satu itu saja agenda sang Wapres, nantinya Wapres juga akan meresmikan Taman Nasional Zamrud. “Alasannya saya kurang tahu, tapi Bapak Wakil Presiden yang akan menggantikan, kita maklum saja kesibukan Presiden,” ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Senin (18/7) di Pekanbaru.

Menurut Andi, sapaan akrabnya, persiapan yang telah dilakukan akan terus dijalankan. “Persiapannya sama saja antara kedatangan Pak Presiden maupun Pak Wapres,” katanya. Dalam kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 di Siak dijadwalkan Wapres melepas bibit ikan di Sungai Siak dan penanaman pohon sekaligus meninjau Istana Siak Sri Indrapura.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day/WED) merupakan salah satu kampanye global terkait pelestarian lingkungan hidup untuk menginspirasi setiap orang untuk mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan alam sekitarnya.

Tema peringatan tahun ini adalah memerangi perdagangan ilegal satwa liar berslogan “melepasliarkan untuk kehidupan” (Go Wild for Life). Pemerintah Provinsi Riau juga mengusulkan kawasan Zamrud sebagai taman nasional sejak 2010, dan akan diresmikan pada 22 Juli 2016.

Kawasan Zamrud memiliki dua danau unik, yakni Danau Pulau Besar (2.416 hektare) dan Danau Bawah (360 hektare), sehingga populer dengan sebutan Danau Zamrud. Danau Zamrud tersebut berada di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang berjarak sekira 180 kilometer dari ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016 tanggal 4 Mei 2016 menetapkan perubahan fungsi suaka margasatwa Danau Pulau Besar atau Danau Bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud.

(Ant/Hua)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.