Aldi, Siswa SMAN 1 Payakumbuh Belajar ke Amerika

0

EkspresNews.com – Ryandhani Aldi Yudiansyah, 17 tahun, satu-satunya pelajar Payakumbuh yang lolos belajar ke Amerika, 2016/2017. Siswa kelas 3 di SMAN 1 Payakumbuh ini, akan bertolak ke Negeri Paman Sam, 8 Agustus mendatang. Sebelumnya, 1-7 Agustus,  Aldi, panggilan akrab siswa terbaik ini, menjalani orientasi nasional di Jakarta. Setelah dilepas Walikota H. Riza Falepi bersama Kepala SMAN 1 Delfizal, M.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (18/7), menginformasikan, rekruitmen belajar ke Amerika itu, cukup ketat. Selain kemampuan akademis, kemampuan bahasa Inggrisnya sangat menentukan. “Alhamdulillah, Aldi ini punya kemampuan pada kedua persyaratan itu,” sebut Hasan.

Aldi, anak kedua dari 3 bersaudara, buah hati pasangan Drs. Richard Moesa dan Yelli Richard ini, tercatat sebagai siswa berprestasi di Payakumbuh. Sejak SD sampai di SMPN 1 dan SMAN 1 Payakumbuh, dikatakan Hasan, selalu mengukir prestasi juara 1. “Kita optimis Aldi bakal mampu menyesuaikan diri dan berprestasi  selama belajar di Amerika,” kata Hasan.

Di Amerika nanti, Aldi akan duduk di bangku kelas 3 setingkat SMA. Tapi, di sekolah mana Aldi ditempatkan, belum diperoleh konfirmasinya. Selain Aldi, juga tercatat 3 pelajar Padang, yaitu 2 siswa SMAN 10 dan satu pelajar SMAN 1. Selama mengikuti pendidikan, dikatakan, pembiayaanya ditangggung sepenuhnya pemerintahan setempat.

Setelah tamat di sekolah menengah atas di Amerika, dengan mengantongi ijazah sekolah setempat, Aldi akan kembali ke Payakumbuh. Aldi, akan duduk kembali di kelas 3, dan nanti akan mengantongi ijazah lokal,  SMAN 1 dan setingkat SMA di Amerika.

Program belajar ke Amerika ini, menurut Hasan, sudah cukup lama berjalan di Indonesia. Untuk Sumatera Barat, atau Chapter Padang, membawahi Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Sumbar. Untuk Chapter Padang, tercatat 13 pelajar yang lolos dalam program ini.

Menurut Hasan, pelajar yang mendapat kesempatan belajar ke Amerika, akan memiliki semangat belajar yang tinggi, karena sudah terbiasa dengan disiplin. Jika ingin melanjutkan pendidikan S1 di Amerika, akan sangat mudah bagi Aldi, sebut Hasan.

(Arief Wisa)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.