30 Eks Pelajar Berpeluang ke Thailand

0

EkspresNews.com – Sahid Jaya Hotel Jakarta akan terbangkan 30 putra-putri kota Payakumbuh lulusan SMA dan SMK ke Thailand. Sebelumnya, para eks pelajar ini akan diberikan pembekalan tentang perhotelan dan pariwisata selama 3 bulan. Diklat yang dijadwalkan dimulai 3 Agustus mendatang,  akan dilaksanakan di  SMKN 3 Payakumbuh. Instruktur diklat didatangkan langsung dari Sahid Jaya Hotel Jakarta dan dibantu guru-guru SMKN  3 kota ini.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi didampingi Staf Ahli Walikota Bidang SDM, Hj. Ruslayetti, di balaikota di Bukik Sibalik Payakumbuh, Rabu (13/7), menginformasikan, kegiatan itu tindak lanjut kerjasama Pemko Payakumbuh dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Jakarta yang disepakati, Mei lalu. Dalam rangka melahikan SDM profesional dibidang kepariwisataan dan perhotelan. Selama diklat, didanai oleh APBD Payakumbuh.

Ke-30 eks pelajar terpilih tersebut, sebelumnya, mendaftarkan diri ke Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan. Pemko menilai, 30 pelajar putera daerah Payakumbuh itu, telah memenuhi persyaratan untuk mempelajari manajemen perhotelan dan pariwisata serta mampu bersaing.

Pasca diklat, sebut walikota, bagi mereka yang memenuhi kompetensi akan diberangkatkan ke negara Thailand untuk melaksanakan magang. Tak tertutup kemungkinan, semuanya diterbangkan ke Thailand, jika memang semuanya telah memenuhi kompetensi.

Yang paling menarik dari semua ini adalah, usai magang di Thailand, para eks pelajar ini akan diberikan sertifikat yang menjadi pintu masuk bekerja di hotel di negara-negara ASEAN.  Dan tak kalah menarik, tambah walikota, kegiatan ini membuka lapangan kerja bagi putra-putri Payakumbuh, mengurangi pengangguran, bahkan mengurangi angka kemiskinan.

(Arief Wisa)

Comments

comments

About author

redaksi

Dalam perkembangannya, selain melakukan penyuntingan, secara umum redaktur juga bertugas memberikan pengarahan kepada reporter ketika peliputan ke tempat tertentu atau terhadap isu tertentu yang sedang hangat.